Seminar ini wajib diikuti oleh Orang Tua dari Siswa SMA Online Bintang Mulia.

Saat anak Anda memasuki usia SMA khususnya menjelang akhir tahun di jenjang SMA, mereka akan dihadapkan pada sebuah pilihan yang menyulitkan. Yakni pilihan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau memulai sebuah karir.

Jika memilih untuk melanjutkan pendidikan ke perkuliahan, mereka pun tetap kesulitan dalam membuat keputusan. Hal ini terkait dengan jurusan kuliah atau program pendidikan apa yang akan diambil.

Jurusan kuliah apa yang sesuai dengan minat, bakat serta kepribadian mereka. Jurusan kuliah apa yang sesuai dengan kondisi sosial dan perekonomian saat ini serta dibutuhkan oleh bangsa Indonesia.

Jika anak Anda memilih untuk memulai sebuah karir pun, mereka masih dipusingkan dengan pilihan antara memulai karir sebagai karyawan atau menjadi pengusaha.

Kedua pilihan itu baik menjadi karyawan maupun pengusaha, pertanyaan akhir mereka tetap sama. Yakni, bagaimana menentukan karir yang sesuai minat, bakat dan kepribadian sehingga mereka mampu menjalankan karir dengan bahagia dan optimal?

 

INILAH TAHAP PALING MENENTUKAN MASA DEPAN ANAK

Bagaimana memilih jalur pendidikan dan pilihan karir yang tepat sehingga anak mampu menjalankannya dengan bahagia dan optimal. Karena ketepatan dalam mengambil keputusan ini akan berdampak pada kesuksesan masa depan anak.

Salah satu keunggulan dari Bintang Mulia Homeschooling adalah memberikan kesempatan pada orangtua untuk belajar bagaimana merancang masa depan karir yang cemerlang bagi anaknya.

Kesempatan seperti ini jarang Anda dapatkan dari sekolah formal atau lembaga homeschooling lain. Bahkan sekolah formal seringkali menentukan jurusan pendidikan berdasarkan nilai akademis anak.

Misalnya, saat anak naik ke jenjang SMA mereka harus memilih salah satu jurusan antara IPA, IPS atau BAHASA. Untuk anak-anak dengan nilai akademis yang bagus dimasukkan ke jurusan IPA.

Untuk anak-anak dengan nilai akademis yang kurang bagus dimasukkan ke jurusan IPS, sedangkan sisanya masuk ke jurusan BAHASA.

Apakah nilai-nilai akademis anak kita menggambarkan minat, potensi dan kepribadian mereka?

Jawabannya jelas TIDAK. Tapi, kenapa jurusan pendidikan hanya ditentukan oleh satu indikator (nilai akademis) yang seringkali tidak menggambarkan kualitas dari kompetensi seorang anak.

 

JADI, BAGAIMANA CARA MENENTUKAN JALUR KARIR YANG TEPAT BAGI ANAK?

Pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah atau memulai sebuah karir tidak hanya dilihat dari nilai akademis seorang anak. Beberapa indikator yang perlu diperhatikan antara lain;

  1. Gaya Belajar Anak
  2. Kecerdasan Intelektual
  3. Kecerdasan Emosional
  4. Kecerdasan Sosial
  5. Kecerdasan Moral-Spiritual
  6. Karakter dan Kepribadian
  7. Kondisi Sosial-Ekonomi Bangsa

Jika dilihat dari kemampuan intelektual seorang anak SMA, sebenarnya tidak ada yang kurang. Mereka sudah menempuh pendidikan akademis sekian lama dan mendapatkan pengalaman cukup banyak dari lingkungannya.

Hanya saja seringkali mereka tidak memiliki kepercayaan diri yang baik untuk membuat keputusan sendiri. Mereka bahkan tidak tahu harus memilih jurusan kuliah atau jalur karir apa.

Sehingga, tidak sedikit diantara anak-anak kita yang salah memilih jurusan karena hanya mendasarkan pilihannya pada minat dan pengaruh teman-temannya.

 

TIDAK PERLU KHAWATIR! DALAM SEMINAR ‘MEMPERSIAPKAN MASA DEPAN ANAK’ ANDA AKAN DIAJARI SEMUANYA

Supaya lebih jelas, materi dan skill apa yang akan diajarkan pada Anda melalui Seminar Parenting ini, silahkan simak poin-poin berikut.

  1. Mengidentifikasi gaya belajar anak
  2. Mengidentifikasi kecerdasan dominan anak
  3. Mengidentifikasi minat dan bakat anak
  4. Mengenal beragam karakter anak
  5. Mengenal beragam kepribadian anak
  6. Mengenal beragam profesi yang dibutuhkan saat ini
  7. Membantu anak menetapkan jalur karir
  8. Menggembleng kemandirian anak agar tak bergantung pada orangtua
  9. Meningkatkan kepercayaan diri anak agar berani membuat keputusan
  10. Menumbuhkan tanggung jawab agar anak berani menanggung resiko atas keputusannya
  11. Cara belajar di perguruan tinggi secara optimal
  12. Cara menjalani karir dengan bahagia

Selain materi di atas Anda pun akan mendapatkan Fasilitas Seminar;

  • Modul Seminar yang berisi rangkuman materi
  • Seminar Kit
  • Makan siang dan coffee break selama seminar berlangsung

Serta keterampilan lain yang dibutuhkan untuk mendidik anak usia SMA dalam menyiapkan masa depan karir yang cemerlang.

 

JANGAN SAMPAI ANAK ANDA KULIAH JURUSAN ‘A’ LALU BERKARIR DI BIDANG ‘Z’

Duduk di bangku kuliah selama 4 hingga 5 tahun dengan jurusan yang tidak sesuai dengan minat, bakat dan kepribadian bukan saja sia-sia. Tapi juga menunda kesuksesan anak Anda dalam waktu yang lama.

Karena apabila anak Anda berkarir entah sebagai karyawan ataupun pengusaha, dengan modal berupa skill yang sangat dibutuhkan oleh bidang yang digelutinya, maka kemungkinan besar dia akan lebih mudah dan lebih cepat untuk SUKSES.

Oleh sebab itu, memilih jurusan kuliah yang selaras dengan bidang karir sama dengan mendapatkan kecakapan yang tepat dan mengembangkannya secara optimal selama kuliah sepanjang 4-5 tahun.

Dengan demikian, setelah lulus kuliah dan memulai karir, anak Anda menjadi LEBIH SIAP daripada anak-anak lain yang kuliah dan pilihan karirnya tidak selaras.

 

SIAPA YANG BISA MENGIKUTI SEMINAR PARENTING INI?

Seminar Parenting “Mempersiapkan Masa Depan Anak” didesain khusus untuk orangtua yang anaknya terdaftar sebagai siswa jenjang SMA Bintang Mulia Homeschooling.

Setelah Anda mendaftarkan anak Anda di Bintang Mulia Homeschooling, Anda akan mendapatkan 2 tiket khusus yang bisa Anda manfaatkan untuk Anda dan pasangan.

 

KAPAN DAN DIMANA SEMINAR PARENTING INI DIADAKAN?

Seminar Parenting diadakan tiap tahun ajaran baru. Misalnya, tahun ajaran baru dimulai pada bulan Januari dan Anda mendaftarkan anak Anda menjadi siswa Bintang Mulia Homeschooling bertepatan dengan tahun ajaran baru tersebut. Maka, Anda bisa mengikuti Seminar Parenting ini pada bulan Januari (awal tahun ajaran baru yang berlaku saat itu).

Lalu, bagaimana jika saya mendaftarkan anak pada pertengahan semester?

Anda bisa mengikuti Seminar Parenting pada tahun ajaran baru berikutnya. Misalnya, Anda mendaftarkan anak pada bulan Maret sedangkan tahun ajaran baru terjadi pada Januari. Maka, Anda bisa mengikuti Seminar Parenting pada bulan Januari tahun berikutnya.

Seminar Parenting ini diadakan di Sofyan Hotel Betawi – Jakarta yang beralamat di Jalan Cut Mutia No. 9, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Indonesia, 10330.

 

BERAPA BIAYA MENGIKUTI SEMINAR PARENTING INI?

Biaya mengikuti Seminar Parenting ini sudah satu paket dengan biaya pendaftaran saat pertama kali masuk. Jadi, Anda tak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk seminar ini kecuali biaya akomodasi dan penginapan Anda selama di Jakarta. Hal tersebut di luar tanggung jawab kami.

 

SEMINAR PARENTING INI HUKUMNYA WAJIB BAGI ORANGTUA

Kami akan membimbing dan mengarahkan Anda bagaimana mendidik anak sendiri dengan metode homeschooling. Sehingga, proses belajar anak Anda bersama kami bisa berjalan lebih maksimal karena Anda tahu bagaimana mendukung anak secara penuh.

Jika Anda berhalangan hadir secara langsung di Jakarta, maka kami akan menyediakan DVD Seminar Parenting khusus.

Namun, akan lebih baik jika Anda mengikuti Seminar Parenting SECARA LANGSUNG di Jakarta karena dalam seminar tersebut Anda akan mendapatkan keuntungan plus yakni, bertemu dengan orangtua siswa Bintang Mulia Homeschooling yang lain.

Anda bisa manfaatkan kesempatan ini untuk berjejaring dengan sesama praktisi homeschooling, membentuk komunitas dan berbagi pengalaman seputar homeschooling serta pola pengasuhan anak.