Parents, Ini Lho 6 Alasan Mengapa Banyak Orang Tua Memilih Sekolah Online untuk Anak!

Seiring dengan perkembangan teknologi, segmen pembelajaran online (e-learning) telah mengalami peningkatan yang signifikan, Hal ini ditunjukkan salah satunya lewat hasil survei Global Shapers Survey yang menyatakan bahwa ada lebih dari 25.000 murid di seluruh dunia yang memilih pendidikan online, dan angkanya terus mengalami peningkatan.

Nah, selain membantu perkembangan anak secara keseluruhan, pembelajaran online masih memiliki banyak manfaat lainnya, lho. Dan berikut ini, kami merangkum beberapa poin utama mengapa banyak orang tua yang akhirnya lebih memilih sekolah online dibandingkan sekolah formal bagi anaknya.

1. Jadwal yang Fleksibel

Dengan sekolah online, anak pun bisa belajar tanpa harus terpaku pada jadwal belajar sekolah formal pada umumnya. Pasalnya, jam sekolah bisa diatur secara fleksibel sesuai kebutuhan anak. Di samping itu, anak pun tak perlu menunggu guru masuk ke kelas dan mulai mengajar karena materi yang juga sudah disediakan secara online dan lengkap, dan Anda sebagai orang tua pun tidak perlu menunggu terlalu lama untuk melihat hasil belajar anak.

2. Praktis

Keunggulan yang satu ini tentu sudah tak perlu lagi diragukan, ya? Pada intinya, dengan mengikutsertakan anak ke sekolah online, Anda tak perlu lagi harus antar-jemput anak sekolah, apalagi sampai harus berhadapan dengan kemacetan yang menguras waktu dan emosi. Cukup di rumah saja, anak sudah bisa belajar dan meningkatkan keahliannya.

3. Dukungan Tenaga Pengajar Berkualitas

Saat ini, para pengajar di sekolah online juga tak kalah berkualitas, lho! Dan dibandingkan dengan sekolah formal negeri, tenaga pengajar di sekolah online justru relatif lebih kompeten. Hal ini dikarenakan seleksi pemilihan guru yang benar-benar mengutamakan kompetensi dan keahlian, dan bukannya status, jabatan, apalagi untung-untungan.

Baca juga  Cara Optimalisasi Kecerdasan Linguistik - Verbal

4. Lebih Hemat Biaya

Dalam jangka panjang, sebenarnya ada lebih banyak biaya yang bisa Anda hemat dengan mendaftarkan anak ke sekolah online. Pastinya, biaya transportasi adalah salah satunya. Di samping itu, Anda juga bisa menghemat biaya pembelian buku paket atau buku panduan penunjang pembelajaran karena semua materi untuk setiap semester pun telah tersedia secara online sehingga bisa diakses kapan dan di mana saja. Di samping itu, anak juga bisa menghemat uang saku karena tidak perlu jajan di sekolah, dan Anda bisa menyiapkan sendiri camilan hingga makan siang untuk anak langsung di rumah yang dijamin lebih sehat dan ekonomis.

5.  Melatih Tanggung Jawab dan Disiplin Diri

Meskipun terlihat lebih praktis dan nyaman, sebenarnya sekolah online mampu melatih kemampuan anak guna menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan disiplin, lho! Berbeda dengan sekolah formal di mana semua proses belajar-mengajar masih dikendalikan oleh pihak sekolah dan guru, sekolah online mengharuskan anak untuk menyiapkan segalanya sendiri. Dan meskipun jadwalnya lebih fleksibel, anak juga tetap dituntut untuk disiplin dan tepat waktu selama mengikut aktivitas belajar di sekolah online.

6. Metode Pengajaran yang Didesain Khusus

Jika metode di sekolah formal menerapkan cara mengajar “satu untuk semua”, lain halnya dengan sekolah online. Sebab, metode pengajaran di sekolah online justru lebih mampu mengakomodasi kebutuhan khusus anak. Contohnya jika anak Anda punya kemampuan menyerap ilmu lebih lambat, yang bisa membuatnya minder apabila anak dipaksa mengikuti metode sekolah formal. Anak dengan kemampuan menyerap ilmu yang terlalu cepat pun akan merasa lebih nyaman dan terakomodasi dengan mengikuti sekolah online karena ia pun bisa menentukan ritme pembelajaran yang menurutnya lebih nyaman. Di samping itu, tenaga pengajar pun dapat merancang tugas dan PR yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak.

Bagikan juga ke kerabat :
Baca juga :