Anak Banyak Tanya, Pertanda Cerdas

Salah satu kodrat perkembangan anak adalah berkembangnya akal budi manusia. Dalam tahap perkembangannya, anak menyaksikan banyak sekali hal-hal yang belum dapat ia pahami secara nalar.

Terkadang kondisi demikian, menimbulkan rasa penasaran dan rasa keingin tahuan bagi Anak. Namun yang Namanya anak-anak, mereka belum memiliki patokan kapan waktu yang tepat untuk bertanya kepada Ayah dan Bundanya.

Bisa jadi sikecil bertanya terus, saat kondisi orang tuanya sedang beraktivitas. Namun bisa jadi, orang tua kerepotan bukan hanya karena intensitas pertanyaan anak yang kerap, tetapi juga karena yang dipertanyakan diluar pengetahuan orang tua.

Ayah dan Bunda …. dalam kondisi seperti ini, jangan kemudian naik emosi dan memarahi anak ya. Itu ekspresi yang salah lho …!

Kita harus tahu bahwa jika anak bertanya tentang hal-hal yang tidak diketahuinya, itu artinya perkembangan kognitifnya sedang berjalan dengan baik. Daya rangsang kreativitasnya saat itu sedang terbuka. Justru kita dapat memanfaatkan hal ini untuk semakin membuat anak semangat dalam belajar mencari tahu jawaban atas pertanyaannya.

Jadi jangan dimarahi ya Bunda …!

Hal lain yang tidak boleh dilakukan yaitu, jika orang tua tidak tahu jawaban dari pertanyaan yang diajukan anak, maka jangan sok tahu atau menjawab sekenanya. Ini berbahaya lho Bunda.

Jika memang Ayah dan Bunda tidak bisa menjawab, jujur saja. Dan dorong anak untuk menemukan jawabannya dengan bertanya kepada orang yang tepat. Siapakah orang yang tepat itu? Jika kita memiliki kenalan seseorang yang berprofesi atau menekuni bidang sesuai dengan pertanyaan anak, maka pertemukan saja mereka.

Anak akan belajar langsung dari ahlinya. Dia akan mendapatkan bimbingan secara langsung. Sekali lagi, ini adalah bentuk rangsangan agar anak selalu belajar dalam hal apapun. Tanpa adanya paksaan, tanpa adanya ketidak nyamanan, proses belajarnya dilalui dengan menyenangkan.

Baca juga  Jangan Sepelekan Bakat dan Minat Anak

Itulah yang kami terapkan pada pembelajaran di Bintang Mulia Homeschooling. Belajar berawal dari rasa penasaran dan tentu pada prosesnya tidak perlu adanya intimidasi.

Mencari sekolah yang beda dari yang lain? Mantapkan Bintang Mulia Homeschooling sebagai pilihan Anda.

 

Bagikan juga ke kerabat :
Baca juga :