Cara Memilih Instansi Homeschooling Online yang Tepat di Era Pandemi

Pada masa pandemi dan juga sudah dimulainya masa new normal membuat banyak orang tua khawatir apabila sekolah akan dimulai pada waktu dekat. Walaupun sudah menerapkan protokol kesehatan, nyatanya anak-anak masih banyak yang masih belum bisa memahami pentingnya menjaga kesehatan dan juga berbagai cara untuk melindungi diri dari paparan virus corona. 

Walaupun menteri pendidikan dan kebudayaan sudah mewacanakan untuk memberlakukan pendidikan secara online di rumah saja, namun nyatanya masih banyak yang tidak setuju. Mengapa demikian? Sebab sekolah yang sebelumnya adalah sekolah formal masih kurang begitu siap untuk membuat sistem pembelajaran secara daring. Oleh karena itu, penting sekali bagi orang tua untuk memilih sekolah khusus homeschooling. 

Untuk instansi homeschooling sudah memiliki kurikulum dan juga sistem pendidikan di rumah dengan cara online yang terlatih dan berpengalaman sehingga output dari proses pembelajarannya akan lebih efektif dibandingkan dengan sekolah formal yang mulai menerapkan sekolah daring karena mereka baru memulainya pada tahun ini saat pandemi dimulai. 

Namun perlu diingat juga bahwa tidak semua instansi homeschooling memiliki sistem pembelajaran yang efektif dan efisien. Oleh karena itu, Anda perlu memilih instansi yang benar-benar memiliki kelebihan sehingga lebih unggul dibandingkan instansi homeschooling yang lain. Berikut beberapa hal yang menjadi kriteria homeschooling yang berkualitas sehingga anak bisa memahami materi dengan baik :

Pilih Homeschooling Online yang Mengajarkan Anak Sesuai dengan Minat dan Bakat

Pertama, pilih instansi homeschooling yang memberikan pengajaran yang sesuai dengan minat dan bakat dari anak itu sendiri. Setiap anak memiliki bakat sendiri yang berbeda-beda. Anak juga pasti memiliki kecenderungan ketertarikan dalam bidang tertentu. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memilih homeschooling yang memberikan materi yang sesuai dengan minat dan bakat anak. Anak akan lebih mudah memahami dan lebih terfokus dalam belajar sehingga hasilnya akan lebih efektif. 

Baca juga  Anak Banyak Tanya, Pertanda Cerdas

Pihak homeschooling akan melakukan talents mapping sehingga Anda dan anak akan mengetahui bakat apa yang sebenarnya terpendam pada diri anak, karena beberapa orang tua dan anak itu sendiri kurang mengetahui bakat anak sehingga bingung dalam memilih pendidikan yang tepat. 

Pilih Homeschooling Online yang Memiliki Sistem Pengajaran yang Efektif

Selain itu, pilih juga homeschooling online yang memiliki sistem pengajaran yang efektif. Banyak sekali cara yang bisa ditempuh oleh instansi homeschooling namun tidak semuanya efektif dilakukan secara daring atau melalui sistem online. Saat ini yang sering dibutuhkan untuk sekolah daring adalah dengan menggunakan e-book atau menggunakan pembelajaran berupa video sehingga anak menjadi lebih mudah paham. 

Dengan adanya video dan juga e-book maka Anak dapat belajar kapan saja dan di mana saja tanpa terikat oleh waktu. Anak dapat belajar sesuai dengan keinginannya sehingga materi akan mudah masuk ke otak sebab apabila otak anak lelah materi tidak akan masuk dengan efektif. 

Pilih Homeschooling Online yang Tidak Hanya Terfokus pada Anak Tetapi juga Orang Tua

Homeschooling  yang dilakukan secara online tentu tidak terlepas dengan peran orang tua. Eh karena itu pendidikan untuk orang tua juga sangat penting untuk meningkatkan kemampuan anak dalam menuntut ilmu. Oleh karena itu, penting sekali memilih instansi homeschooling yang memberikan bekal cara mendidik anak berupa materi parenting yang masih berkaitan pula dengan talents mapping sehingga pembelajaran akan cepat dipahami anak. 

Bagikan juga ke kerabat :
Baca juga :