Rapor Hanya Sia-Sia Saja, Jika …

Hallo keluarga Bintang Mulia Homeschooling, bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam kelimpahan berkah ya …

Okke…. Kali ini, tim Bintang Mulia Homeschooling akan membahas tentang Rapor nih. Tahu Raporkan …. Pasti tahu. Saat ini sedang musim pembagian Rapor. Yup, sekarang saatnya pergantian semester gasal menuju semester genap.

Biasanya saat Ayah dan Bunda menemani Ananda dalam pengambilan Rapor, setelah itu apa yang akan Ayah dan Bunda lakukan? Apalagi jika ternyata nilai Ananda ada yang merah.

Waw…..gak bisa bayangin deh, apa bakal marah, kecewa, atau jangan-jangan biasa saja?

Jangan salah ya Bund …. Rapor kegunaannya banyak. Salah satunya memang untuk mengetahui nilai Ananda dalam penguasaan materi tertentu.

Tapi kita harus menyadari satu hal bahwa, kemampuan anak pasti berbeda. Kita tidak dapat menyamakan kemampuan anak kita dengan anak yang lain. Sekalipun itu posisi anak kita lebih di atas rata-rata anak lainnya.

Lalu kemudian, rapor itu berguna untuk apa saja?

Rapor sebagaimana fungsinya adalah menyampaikan hasil pencapaian belajar dalam kurun waktu tertentu, terutama atas apa yang telah dipelajari oleh Ananda. Orang tua dapat memanfaatkan rapor untuk memetakan kamampuan anak.

Khususnya jika pemetaan kita bisa mengarah pada bakat dan minatnya. Jika ada nilai yang merah pada rapor tersebut, coba Ayah dan Bunda bicarakan dengan Ananda, kira-kira apa kesulitannya. Jika ternyata hasil obrolan tersebut mengarah pada ketidak siukaan Ananda terhadap mata pelajaran tersebut, maka sekarang saatnya Ayah dan Bunda mencari sisi lain yang disukai oleh Ananda.

Pasti ada. Biasanya hal yang disukai akan tercermin dari nilai yang tinggi. Nah jika sudah ditemukan, selanjutnya orang tua perlu membuat perencanaan terkait dengan kemampuan yang akan dikembangkan pada masa mendatang.

Baca juga  Awas, Tik Tok Bisa Berbahaya Bagi Anak

Tetap jaga kepercayaan kita terhadap anak. Mereka sudah memiliki tanda akan kepintarannya, hanya saja orang tua yang perlu membuka mata dan perasaan lebih lebar untuk peka.

Bagikan juga ke kerabat :
Baca juga :