Cara Mengetahui Kecerdasan Anak

Hallo sobat Bintang Mulia Homeschooling …. Pernah marah-marah saat terima rapor Ananda? Eiitsss…… jangan seperti itu ya. Tahan …..

“Katanya, semua anak itu cerdas, tapi anak saya kok begitu-begitu saja”. Celetuk seorang Ibu saat konsultasi dengan kami.

Memang betul nih sobat Bintang Mulia …… Kalau kita merujuk pada perkataan Albert Einstein, “Everybody is a Genius. But If You Judge a Fish by Its Ability to Climb a Tree, It Will Live Its Whole Life Believing that It is Stupid”. Maka semua anak memang cerdas.

Permasalahannya sekarang adalah, bagaimana orang tua mau untuk melihat bidang kelebihan Ananda dan mau menerimanya. Terkadang, orang tua paham kalau Ananda ini pintar dalam bidang seni tari. Namun, karena orang tua menganggap tidak ada yang perlu untuk ditekuni dalam hal tari, maka potensi yang sudah di depan mata itu sengaja diabaikan.

Padahal jika saja orang tua mau memberikan support, maka bisa jadi apa yang kita khawatirkan tidak akan terwujud. Karena seseorang yang memang kuat pada bakatnya, maka dia akan berusaha mencari peluang yang paling memungkinkan untuk dikembangkan.

Dari pendapat Albert Einstein, dapat kita gunakan sebagai pijakan yang menghantarkan kita pada sebuah pertanyaan: jika setiap anak cerdas, bagaimana cara untuk mengetahui kecerdasan yang dimiliki oleh masing-masing anak?

Howard Gardner, psikolog terkemuka dari Harvard University menerangkan adanya kecerdasan majemuk (multiple intelegencies), seperti berikut:

  1. Kecerdasan Verbal / Linguistik.
  2. Kecerdasan Matematis – Logis.
  3. Kecerdasan Spasial.
  4. Kecerdasan Kinestetik.
  5. Kecerdasan Musikal.
  6. Kecerdasan Interpersonal.
  7. Kecerdasan Intrapersonal.
  8. Kecerdasan Natural.

Nah, sekarang sudah tahukan … Jadi jangan asal memarahi Ananda ya. Kita dukung perkembangan intelegensinya, caranya amati dengan seksama, mana kecerdasan yang paling menonjol atau paling sering dimunculkan Ananda dalam kesehariannya.

Kalau ingin lebih dalam mengetahui seluk beluk penentuan kecerdasan Ananda, yuk kita saling berbagi cerita. Boleh WA konsultasi dengan kami Bintang Mulia Homeschooling 0816 333 037.