Kelebihan Menggunakan Homeschooling Online untuk Pendidikan Anak di Era New Normal

Tatanan hidup normal baru atau yang sering disebut dengan new normal sudah mulai diterapkan di beberapa wilayah. Sekolah formal sudah mulai mempersiapkan diri untuk melakukan pembelajaran secara normal kembali dengan penerapan protokol kesehatan yang berlaku. 

Hal ini muncul berbagai tanggapan, ada yang pro dan ada yang kontra. Akan tetapi bagi orang tua yang kritis terhadap keadaan banyak yang menyayangkan kebijakan ini karena persebaran virus corona belum dapat dikatakan berkurang atau hilang. 

Tentu kebijakan ini membuat banyak orang tua was was dengan anak-anaknya. Apalagi yang masih memiliki anak usia dini yang masih belum mengerti betul tentang persebaran virus corona yang sangat cepat ini. Oleh karena itu, banyak orang tua beralih untuk memberikan pendidikan kepada anak melalui homeschooling dibandingkan sekolah formal. Lalu, apa saja kelebihannya? Di bawah ini adalah jawabannya:

Mencegah Anak untuk Bertemu dengan Orang Lain dan Membuat Perkumpulan

Pertama, dengan menggunakan sistem homeschooling maka Anak dapat belajar di rumah secara daring sehingga tidak akan bertemu dengan teman-temannya serta tidak membuat perkumpulan-perkumpulan seperti yang sering dilakukan oleh anak baik yang usia kecil maupun yang sudah remaja. 

Dengan berhasilnya pencegahan pertemuan serta perkumpulan maka anak akan terhindar dari paparan virus corona yang saat ini semakin berkembang dan entah kapan akan selesai. Anak bisa belajar di rumah saja tanpa bertemu dengan keadaan yang membahayakan. 

Anak Lebih Fokus dan Lebih Mudah dalam Belajar

Kelebihan yang kedua selain dapat mencegah pertemuan dan perkumpulan adalah anak akan lebih fokus dalam belajar karena anak akan diajarkan materi yang sesuai dengan minat dan bakat seorang anak. Dengan disesuaikan dengan minat serta bakat anak maka materi akan lebih mudah dipahami. 

Baca juga  Bintang Mulia Homeschooling Perluas Kerjasama

Anak juga tidak perlu belajar dengan waktu yang terikat sehingga anak dapat belajar di mana saja dan kapan saja. Anak dapat belajar saat otak mereka benar-benar siap menerima pelajaran. Hal. Ini dapat dilakukan karena materi yang didapatkan dapat berupa video yang dapat dilihat kan saja secara offline dan juga e-book. Dengan sistem pendidikan yang tidak terikat maka anak menjadi lebih santai.

Orang Tua Menjadi Lebih Dekat dengan Anak

Pembelajaran di rumah dengan sistem daring ini juga sangat melibatkan orang tua. Oleh karena itu, dengan pendidikan seperti maka orang tua akan menjadi lebih dekat dengan anak. Bahkan orang tua juga bisa ikut belajar bersama dengan anak. Waktu bersama anak menjadi lebih banyak sehingga beberapa sifat anak maupun orang tua akan mudah dikenali dan jika ada yang kurang tepat maka bisa saling berbagi informasi agar menjadi lebih baik. 

Saat ini, banyak sekali orang tua yang tidak kenal dengan anaknya sendiri karena sekolah dilakukan dari pagi hingga sore hari, setelah pulang sekolah anak sudah lelah dan sangat kurang berinteraksi dengan orang tuanya sendiri. 

Harganya Jauh Lebih Terjangkau dengan Kualitas Pendidikan Terbaik

Dan yang paling penting adalah harganya lebih terjangkau sebab anak hanya perlu membayar uang pangkal dan juga uang SPP. Anak tidak perlu menggunakan seragam, sepatu atau tas sehingga menjadi lebih hemat. Pembelajaran juga dapat dilakukan di rumah sehingga hemat biaya transportasi. Untuk kualitas pendidikannya tidak perlu ditanya lagi karena instansi homeschooling memiliki teknik dan sistem pembelajarannya sendiri sehingga lebih efektif dan efisien. 

Bagikan juga ke kerabat :
Baca juga :