4 Cara Jitu Agar Anak Bermain Sekaligus Belajar

Halo sobat Bintang Mulia Homeschooling. Pernah menemani Ananda belajar? Pasti pernah dong ya ….

Nah apakah Ayah dan Bunda ada kendala saat menemani Ananda belajar? Biasanya kendala yang dihadapi orang tua adalah anak yang rewel dan tidak mau belajar. Jika kita paksa anak untuk belajar, jadinya malah ngambek dan nangis.

Tapi bagaimana dong …. Kan dia harus belajar, supaya nanti saat di sekolah kemampuannya tidak tertinggal dengan teman-temannya. Tapi kalau dipaksa terus menerus, yang ada hanya tangisan yang kita dengar setiap hari.

Ayah dan Bunda perlu mengetahui, belajar sejatinya adalah kegiatan yang dapat menambah wawasan. Jadi, sebetulnya tidak ada patokan bagaimana anak itu harus belajar.

Kalau Ananda selalu rewel saat diajak belajar, mungkin kondisi tempat atau timing belajarnya tidak tepat sehingga dia merasa tidak nyaman. Belajar baiknya selalu menumbuhkan rasa penasaran bagi Ananda.

Kalau begitu, Ayah dan Bunda harus siap untuk mendesain perencanaan belajar yang memukau rasa penasaran bagi Ananda. Termasuk saat mereka sedang bermain.

Lakukan hal di bawah ini, supaya Ananda bisa bermain sambil belajar.

  1. Ayah dan Bunda harus mengetahui terlebih dahulu tentang muatan materi yang harus dipelajari oleh anak. Pengetahuan ini akan digunakan sebagai dasar membuat skenario bermain.
  2. Saat anak sedang bermain, lihatlah peluang materi apa yang bisa disisipkan dalam kegiatan bermainnya. Misalnya saat anak bermain lempar bola, orang tua dapat menunjukkan tentang bentuk lingkaran, daya pantul, kecepatan lemparan.
  3. Saat permainan masih berlangsung, upayakan anak mau untuk mencoba tentang hal yang sudah kita sampaikan kepadanya. Misalnya, dia mau mempraktikkan cara menendang bola kearah gawang dengan keras, setelah kita menerangkan kontrol kecepatan lemparan.
  4. Upayakan sarana dan media bermain anak, adalah sarana yang mampu mengasah kreatifitas. Karena belajar lebih dari sekadar menghafal, tapi juga berkreasi dan membangun.

Ayah dan Bunda tidak perlu ragu lagi, Bintang Mulia Homeschooling Kudus selalu siap dalam memberikan layanan pendidikan dalam bentuk apapun. Dan termasuk juga memfasilitasi tentang gaya belajar anak. Karena memperlakukan cara belajar dengan gaya belajar anak dengan tepat, berarti mempercepat proses kreativitas perkembangan otak anak.

Anak yang kreatif akan mampu menghadapi tantangan masa depan. Siap bergabung bersama kami?