5 Keunggulan Utama Memilih Sekolah Online - Bintang Mulia Homeschooling

5 Keunggulan Utama Memilih Sekolah Online

Keunggulan Utama Memilih Sekolah Online, Hingga saat ini, para orang tua masih lebih familier dengan pendidikan sekolah formal, di mana anak perlu mendatangi sekolah untuk mengikuti kegiatan belajar secara tatap muka. Padahal, di zaman modern seperti sekarang ini, sekolah online justru menawarkan solusi pendidikan yang lebih efisien, lho! Apalagi, metode sekolah online punya beragam keunggulan yang membuatnya lebih bermanfaat bagi anak maupun orang tua. Apa saja, ya?

Lebih Fleksibel dalam Memenuhi Kebutuhan Anak

Dibandingkan sekolah formal, sekolah online jauh lebih mampu mengakomodasi kebutuhan anak yang ingin menjadi atlet, aktor, maupun aktivitas di luar sekolah lainnya seperti seni dan olahraga. Sebab, jika anak Anda serius ingin menekuni jalan menjadi atlet, misalnya, Anda tentu sadar bahwa anak akan banyak menghabiskan waktu bepergian untuk mengikuti kompetisi dan latihan, yang sering kali membuat anak harus sering izin sekolah jika ia bersekolah di sekolah biasa. Karena itu, mengikuti sekolah online akan lebih mudah dan fleksibel karena Anda bisa memandu anak agar sekolahnya tidak keteteran, dan tetap berprestasi di bidang yang ia minati.

Kesempatan untuk Belajar di Rumah dengan Kurikulum dan Materi Lengkap

Dengan mengikuti sekolah online, anak dan Anda sebagai orang tua tak perlu repot-repot mencari buku materi alias buku paket karena semua materi ajar juga sudah disediakan secara online oleh pihak sekolah. Hal ini tentu akan sangat menghemat waktu serta tenaga anak dan Anda karena tidak perlu keluar rumah untuk membeli buku-buku pendukung pembelajaran, kan?

Lebih Sedikit Gangguan dan Hemat Waktu

Salah satu keunggulan terbesar dari mengikuti sekolah online adalah jumlah gangguan yang lebih sedikit serta lebih banyak waktu yang bisa Anda hemat. Jika Anda memasukkan anak ke sekolah formal, coba bayangkan saja waktu yang harus Anda habiskan untuk mengantar dan menjemput anak, apalagi jika Anda harus menghadapi kemacetan. Apalagi, masih ada banyak faktor tak terduga lainnya yang bisa terjadi ketika Anda dan anak dalam perjalanan menuju/dari sekolah selain macet, seperti ban bocor, barang ketinggalan, dan lainnya.

Baca juga  Temukan 5 Alasan Mengapa Manusia Sering Lupa

Di samping itu, sekolah online juga bisa membantu anak lebih fokus saat belajar. Memang benar bahwa belajar bersama teman di sekolah seru dan menyenangkan, tapi tak jarang teman bisa mengusik konsentrasi anak ketika belajar di sekolah. Belum lagi jika anak menghadapi perundung (bully), ejekan, bahkan sampai mendapatkan pengaruh buruk dari orang lain.

Memberi Peluang untuk Murid yang Mengalami Masalah Belajar

Desain sekolah formal yang menganggap semua murid setara bisa menyebabkan anak yang kemampuan belajarnya berbeda mengalami kesulitan. Misalnya anak Anda menangkap materi baru lebih cepat atau lambat, punya masalah kesehatan tertentu, atau baru saja menjadi korban perundungan (bullying) di sekolah lama sehingga sedang memulihkan kepercayaan dirinya. Karena sekolah online didesain dengan kebutuhan, minat, dan bakat spesifik anak sebagai fokus utama, metode pengajarannya secara khusus dibuat berbeda dari sekolah formal.

Membantu Anak Menjalin Hubungan yang Lebih Baik dengan Orang di Sekitar

Siapa bilang sekolah online justru mengurangi waktu anak bersosialisasi? Di zaman digital saat ini, bersosialisasi tak harus selalu dilakukan dengan berhadapan langsung, kok. Jadi, meskipun anak mengikuti sekolah online dan tidak bertatap muka dengan teman sekelas, kemampuan bersosialisasinya tetap bisa dikembangkan, terutama dengan keluarga, guru, dan bahkan teman-temannya, baik itu teman sekolah, di lingkungan rumah, maupun di lingkungan lainnya – misal teman kursus.

Demikian keungulan-keunggulan utama jika sang buah hati anda memilih sekolah online sebagai kegiatan sehari-hari dan pendidikan utamanya.

Bagikan juga ke kerabat :
Baca juga :