Cara Mengisi Liburan Sekolah Anak

Halo sobat Bintang Mulia Homeschooling, tidak terasa sudah memasuki akhir tahun pelajaran ya. Nah, biasanya apa yang Ananda lakukan saat liburan telah tiba? Apakah mereka mengisi liburannya dengan bermain bersama temannya seharian? Atau Ayah dan Bunda mengajak Ananda untuk liburan kesuatu tempat?

Namun belum lagi kalau Ayah dan Bunda memiliki kesibukan pekerjaan, sehingga belum bisa menemukan solusi yang tepat untuk mengisi liburan Ananda. Kami memahami, Ayah dan Bunda pasti menginginkan kegiatan yang bermanfaat bagi Ananda.

Bintang Mulia Homeschooling Kudus akan memberikan saran bagi Ayah dan Bunda yang akan merencanakan kegiatan liburan sekolah Ananda tercinta.

Pertama, terlebih dahulu sesuaikan rencana kegiatan Ananda dengan jadwal bekerja Ayah dan Bunda. Jika kedua orang tua bekerja, maka rencanakan kegiatan liburan pada saat hari libur kerja orang tua. Namun jika yang bekerja hanya salah satu orang tua saja, maka rencana kegiatan Ananda bisa didampingi oleh salah satu orang tua.

Kedua, buatlah perencanaan mengenai kegiatan apa yang akan dilakukan. Perencanaan ini terkait dengan setting lokasi, alur kegiatan, durasi kegiatan, dan biaya.

Ketiga, jangan memilih kegiatan yang sama bebannya dengan sekolah. Artinya, jika setiap hari Ananda sudah menerima hal-hal yang sifatnya berisi materi pelajaran, maka liburan kali ini desainlah program liburan yang tidak bersifat materi seperti itu. Desain yang bagus contohnya dengan membuat perencanaan liburan yang menambah wawasan pengetahuan Ananda tapi tanpa adanya dikte dari orang tua, biarkan Ananda bereksplorasi dengan rasa ingin tahunya.

Keempat, masukkan unsur pengembangan karakter positif dan kreativitas dalam perencanaan kegiatan.

Kelima, kegiatan boleh dilakukan oleh orang tua sendiri di rumah, atau memanfaatkan layanan fasilitas rekreasi umum. Tentu dengan memperhatikan usia Ananda, jika usia Ananda masih cukup belia, pilihan kegiatan liburan di rumah dengan dipandu oleh orang tua rasanya lebih tepat.

Nah untuk bentuk kegitannya sendiri bermacam-macam, bisa berupa kegiatan outbound, menjelajah museum, menikmati keindahan alam pantai atau pegunungan, atau membuat proyek mini berbasis IPTEK.

Selamat merencanakan liburan yang berfaedah sobat Bintang Mulia Homeschooling Kudus.