Efektifkah Sistem Pembelajaran Daring atau Online yang Berlangsung Saat Ini?

Penyebaran pandemic COVID-19 di Negara Indonesia mengharuskan sekolah dan beberapa universitas untuk menghentikan pembelajaran secara langsung atau tatap muka. Gantinya, proses pembelajaran pun dilakukan via remote learning atau jarak jauh. 

Nadiem Makarim, selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) juga terus berupaya untuk meningkatkan kerja sama antara berbagi pihak agar fokus mengembangkan pendidikan secara daring ini. Proses penerapan pembelajaran online sendiri menuntut kesiapan baik dari pihak tenaga pendidikan maupun dari pihak peserta didik.

Bagaimana Agar Sistem Sekolah atau Pembelajaran Daring Dapat Dilakukan Secara Efektif?

Agar sistem pembelajaran secara daring bisa dilakukan secara efektif, ada beberapa tips yang harus diterapkan berikut ini :

1. Manajemen Waktu

Coba atur waktu untuk belajar secara teratur. Lalu kerjakan tugas yang diberikan dosen atau guru dengan fokus. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah apabila pihak universitas atau sekolah turut memberikan jadwal untuk mengakses pembelajaran online kepada para muridnya. 

Namun lain halnya apabila pihak instansi pendidikan memberikan kepercayaan penuh kepada siswa atau pelajar. Sehingga mereka harus mengatur jadwal belajar sendiri. Untuk orang yang masih belum terbiasa untuk belajar mandiri, mengerjakan tugas kuliah atau sekolah biasanya pada waktu-waktu terakhir. 

Maka dari itu, biasakan diri untuk mengerjakan tugas dan belajar di awal waktu sebagai salah satu kebiasaan yang harus ditanamkan kepada para murid saat melakukan pembelajaran secara online.

2. Persiapkan Perangkat Teknologi yang Diperlukan

Para mahasiswa atau murid wajib mengetahui perlengkapan atau perangkat yang diperlukan untuk menunjang sistem pembelajaran via daring. Pada kenyataannya tidak semua sekolah atau kampus telah menyediakan sistem belajar online secara memadai, maka dari itu beberapa platform pembelajaran online bisa dijadikan alternatif. Sama halnya dengan perangkat teknologi berupa gawai pintar, komputer, ataupun tablet.

Baca juga  Bintang Mulia Homeschooling, Sekolahnya Para Model

3. Jaga Komunikasi yang Baik Dengan Rekan-Rekan Kelas dan Pengajar

Bagi yang masih terbiasa dengan sistem remote learning, maka siswa perlu menyesuaikan diri agar terus berkomunikasi dengan teman-temannya atau pengajar. Jika diperlukan, bisa juga dengan membuat grup khusus pembahasan tugas-tugas yang diberikan pengajar. Walaupun tidak dapat dilakukan secara tatap muka, namun komunikasi masih harus tetap terjalin baik agar menghindari terjadinya kesalahpahaman.

Manfaatkan momen-momen seperti ini guna mengasah keterampilan sistem komunikasi secara daring. Jika masih belum yakin akan tugas yang sudah dikerjakan, Anda bisa segera menghubungi pengajar. Lakukan segera untuk menunjukkan bahwa Anda  berkomitmen untuk belajar dengan serius.

4. Belajar Dengan Serius

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan oleh para siswa saat remote learning ialah tidak fokus. Selama belajar online di internet, ada banyak distraksi yang sering mengganggu saat pembelajaran berlangsung. Seperti mengakses platform media sosial, menonton video, dan membaca konten-konten berita. 

Maka dari itu, sangat penting sekali bagi mahasiswa atau siswa untuk selalu konsisten dan fokus selama proses pembelajaran berlangsung. Hindari berbagai macam distraksi sebagai pengganggu proses belajar secara daring. BIla memungkinkan, Anda bisa menetapkan ruangan secara khusus untuk aktivitas belajar dan berupaya menjauhkan diri terhadap gangguan dari anggota keluarga lain.

Walaupun ada banyak siswa yang kesulitan melakukan pembelajaran dengan sistem remote learning, apabila sudah terbiasa justru hal tersebut dapat memberikan fleksibilitas dan kebebasan tersendiri, yang mungkin tidak akan dijumpai dalam aktivitas pembelajaran tatap muka di ruang kelas.

Di tengah-tengah pandemic virus Covid-19, sistem pembelajaran online seperti ini justru bisa dijadikan sebagai alternative jitu pengganti pembelajaran tatap muka secara langsung.

Bagikan juga ke kerabat :
Baca juga :